Jenis-Jenis Website dan Fungsinya

Jenis-Jenis Website dan Fungsinya

jenis-jenis website dan fungsinyaMengenal jenis-jenis website dan fungsinya saat ini adalah suatu hal yang perlu kita ketahui, apalagi saat ini dunia teknologi kian berkembang. Semakin berkembangnya teknologi mengharuskan kita terus mengembangkan pengetahuan mengenai hal yang berbau online seperti internet, website dan aplikasi. Apalagi penggunaan media online saat ini telah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, baik tujuan bisnis maupun sosial.

Demi memudahkan anda dalam menentukan website yang dibutuhkan, untuk itu perlu mengetahui jenis website itu sendiri. Sebelum membahas lebih jauh mengenai website, perlu kita pahami adanya pengelompokan jenis website berdasarkan sifat, platform yang digunakan, dan fungsinya. Berikut adalah informasi mengenai jenis-jenis website dan fungsinya.

Jenis Website Berdasarkan Sifat

Sebelum masuk ke jenis-jenis website dan fungsinya kita perlu tahu website berdasarkan sifat terlebih dahulu sebagai acuan anda membuat website. Ada dua jenis website berdasarkan sifat yaitu website statis dan website dinamis, berikut penjelasanya.

1. Website Statis

Website statis bisa didefinisikan sebagai website yang dibuat dengan konten yang konstan atau tidak berubah. Isi website statis tidak dimaksudkan untuk di edit secara berkala. Tiap laman website biasanya dibangun secara manual menggunakan kode HTML yang akan menampilkan informasi yang sama.

Website statis biasa digunakan untuk demo contoh website yang dikerjakan oleh developer yang memahami pemrograman dan coding.

Karena tidak membutuhkan update secara berkala, website statis cenderung tidak membutuhkan database karena bersifat statis yang tidak banyak pembaruan konten. Biasanya website statis digunakan sebagai website perusahaan atau landing page yang hanya menampilkan informasi perusahaan seperti sejarah, alamat dan kontak.

2. Website Dinamis

Kebalikan dari website statis yang tidak di update secara berkala, website dinamis adalah website yang akan terus di update dan penambahan konten secara berkala. Kebanyakan website dinamin lebih mudah di kelola dibandingkan dengan website statis. Kenapa demikian? karena bertujuan memudahkan dalam penambahan konten atau materi yang akan di update secara berkala.

Website dinamis memiliki database yang digunakan untuk menyimpan dan menampilkan kontennya, itu semua dapat diakses dan dikelola oleh developer. Kelebihan website dinamis adalah memungkinkan untuk menambah user yang dikhususkan untuk menambah konten website, hal itu bisa dilakukan tanpa mengganggu desain website.

Jenis Website Berdasarkan Platform

Selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis website dan fungsinya berdasarkan platform yang digunakan, setidaknya ada tiga metode platform pembuatan website yang perlu kita ketahui, yaitu CMS, website builder atau kode. Semua disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan anda dalam membangun website.

1. CMS

Metode pertama adalah cara paling populer saat ini yang menggunakan Conten Management System (CMS). Dengan menggunakan CMS anda akan mudah dalam membangun website karena tidak perlu handal dalam bahasa pemrograman, hanya perlu melakukan intsall. Anda bisa menentukan tema, plugin dan fitur lainya sesuai kebutuhan yang sudah tersedia pada CMS.

Beberapa contoh CMS adalah wordpress, joomla dan drupal, masih banyak lagi jenis CMS. Namun dari ketiga yang populer tersebut wordpress merupakan CMS paling mudah di operasikan dan memiliki market share terbesar. Tak hanya mudah di operasikan namun juga memiliki fitur yang berlimpah dibandingkan CMS lainnya

Jumlah pengguna CMS di dunia saat ini terbanyak masih diduduki oleh WordPress dengan persentase 60.4%. Kemudahan penggunaan dan fitur yang berlimpah sudah tentu jadi daya tarik tersendiri yang membuat wordpress banyak dipilih. Jadi jika anda ingin membuat website menggunakan CMS kami sarankan menggunakan wordpress saja. Namun meskipun membuat website dengan CMS adalah hal yang dibilang mudah anda tetap harus memperlajari cara penggunaanya karena tiap CMS memiliki cara kerja yang berbeda.

2. Website Builder

Metode platform kedua ada menerapkan metode website builder. Website builder merupakan platform yang lebih mudah lagi karena tanpa harus mengetahui hal teknis. Website builder akan membuat website dengan sangat cepat, tanpa perlu memahami coding maupun desain sama sekali yang bisa dengan drag dan drop saja.

Memang sangat simpel jika menggunakan website builder hanya tinggal desain dan simpan setelah itu siap untuk digunakan. Namun dari biaya lebih mahal jika dibanding menggunakan CMS. Website populer untuk website builder contohnya adalah wix, site builder dan weebly.

3. HTML dan CSS

Janis webiste ketiga berdasarkan platform adalah menggunakan HTML dan CSS. Menggunakan platform HTML dan CSS menfharuskan anda memiliki pengetahuan tentang coding dan pemrograman. Karena dengan metode ini anda akan membuat kode untuk website yang biasanya menggunakan Notepad++, sublime ataupun text wrangler.

Nah, dari ketiga jenis website berdasarkan platform ini manakah yang anda ingin ketahui dan kuasai. Jika anda pemula pilihlah dari yang paling mudah dan cepat. Lanjut ke pembahasan utama kita yaitu jenis-jenis website berdasarkan fungsinya.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Ada beberapa jenis-jenis website dan fungsinya, berikut kami akan memberikan beberapa jenis website.

1. Blog atau Website Pribadi

Blog pribadi sejak awal tahun 2000 an sudah menjadi tren yang bisa dikelola dan diakses secara online. Banyak yang menggunakan blog pribadi untuk menuliskan dan berbagi pengalaman, opini maupun kisah perjalan. Semua hal bisa anda bagikan dalam blog pribadi.

Bahkan blog pribadi sudah bisa dijadikan sumber mata pencaharian, tak sedikit blogger di Indonesia yang sukses memulai awal dengan blog pribadi.

2. Ecommerce / Toko Online

Website bisa juga digunakan sebagai toko online sebagai penunjang anda dalam berjualan. Meskipun anda telah berjualan di market place ataupun sosial media namun website juga sangatlah diperlukan. Sebagai mana toko fisik, toko online juga diperlukan untuk era sekarang ini. Website dapat difungsikan sebagai toko anda di dunia maya.

3. Website Perusahaan

Website sangatlah penting untuk sebuah perasaan hari ini, karena website perusahaan bisa dijadikan sebagai rumah informasi bagi bisnis atau informasi anda. Jadi dengan adanya website perusahaan calon konsumen anda bisa menemukan informasi resmi dan lengkap dari perusahaan anda.

Dengan adanya website perusahaan akan meningkatkan kepercayaan konsumen, karena mereka bisa menemukan infoemasi resmi dan jelas.

4. Organisasi atau Instansi Pemerintah

Website juga bisa dimanfaatkan menjadi laman resmi sebuah organisasi. Dengan adanya website organisasi informasi terbaru akan mudah untuk dibagikan contohnya kegiatan organisasi yang bisa di publikasi pada website. Biasanya website organisasi menggunakan domain .org atau .or.id dan untuk website instansi pemerintah menggunakan domain .go.id.

5. Media Sharing

Jenis website media sharing biasanta digunakan untuk berbagi media seperti gambar, file musik bahkan video. User bisa meng upload sebuah data ke situs dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya. Contoh termudah yang bisa kita temukan saat ini adalah youtube, soundcloud, dan berbagai stock photo.

6. Website Berita

Website juga bisa diperuntukan untuk menyebarkan berita, di era saat ini sudah banyak website berita beredar bahkan portal berita online berhasil menggeser berbagai media lainnya sebagai sumber informasi.

Kunjungi Artikel Lainnya:

Pengertian SEO

Pengertian Website Lengkap

Itulah beberapa jenis website berdasarkan fungsinya yang bisa kami jelaskan untuk anda. Semoga semua yang telah kami sampaikan bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan untuk anda dalam membuat sebuah website.

Namun jika anda menginginkan website dengan mudah dan tak perlu membuatnya anda bisa mempercayakan kami membantu. Kami memberikan penawaran menarik dalam jasa pembuatan website. Anda bisa hubungi kami untuk lebih lanjut dan jelas.

jasa pembuatan website murah

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+